Ariah Si Manis Ancol

Minggu, 20 Desember 2009


Ariah, atau Arie, anak kedua Mak Emper. Ariah mempunyai seorang kakak perempuan. Tatkala kakak beradik ini masih kecil, ayahnya meninggal. Hancurlah kehidupan tiga hamba Allah dari Kampung Sawah, Kramat Sentiong. Ini terjadi sekitar tahun 1860.

Menjadi adat orang Betawi jaman dulu, siapa yang kaya menolong yang miskin. Seorang saudagar padi di kampung Kramat yang mempunyai sawah luas mengajak Mak Emper dan kedua anak perempuannya tinggal di emperan rumahnya. Emperan ialah bangunan rumah kecil yang berdiri menempel pada bangunan rumah besar.

Mak Emper dan kakak Ariah membantu menumbuk padi milik saudagar itu. Ariah sehari-hari mencari kayu bakar, sayuran dan telur ayam hutan di hutan Ancol. Tahun demi tahun berlalu, kehidupan Mak Emper datar saja. Tidak kelaparan, tetapi sangat jauh untuk dikatakan berada.

Ariah tumbuh sebagai gadis cantik. Hati saudagar tertarik akan kecantikan Ariah. Ariah dipinangnya. Mak Emper sangat bingung, mengingat ia tinggal menumpang pada saudagar itu, sedangkan saudagar itu telah pula beristeri.

"Mak, Mak jangan bingung, biar Arie yang ambil keputusan" Berkata Ariah pada suatu sore sepulangnya mencari kayu bakar di hutan.

"Keputusan apa, Arie?" Kata Mak Emper.

"Arie kagak bakalan kawin sarna saudagar yang punya rumah ini. Mpok 'kan belum kawin. Lagian apa kata ibu yang rumahnya kita tumpangin ?"

"Arie, itu yang bikin Mak bingung. Kite numpang di sini. Tuan rumah mauin Arie. Dia yang ajak kita tinggal di sini. Mau saja deh, Arie. Kalau kita diusir, mau tinggal dimana. Babe kamu 'kan sudah meninggal".

Mak Emper mengucapkan kata-katanya sambil menangis terisak-isak.

"Mak jangan menangis Mak, Arie sedih kalau lihat Mak menangis. Arie sudah bilang tadi. Arie sudah ambil keputusan Mak lihat saja deh".

Ariah bangkit dari duduknya menuju dapur menemui kakaknya yang sedang masak air.

"Pok, Arie cuma dapat telor dua biji". Kata Ariah sambil menyerahkan dua butir telur ayam hutan kepada kakaknya.

"Arie, ngomong-ngomong Mpok ikhlas deh Arie kawin sama Tuan yang punya rume. Mpok enggak ape-ape dilangkahin. ini 'kan buat kebaikan kita. Kalau Tuhan ijinkan, suatu hari juga mpok dapat jodoh, Arie".

Kakak perempuan Ariah berkata sambil membesarkan nyala api di dapur.

"Mpok jangan begitu dong. Kagak baik Pok, kagak baik. Arie kawin duluan ngelangkahin Mpok. Arie kagak bakalan kawin sebelum Mpok berume-tangge".

Air mata Ariah membanjir di pipinya seraya mengucapkan katakata itu.

"Arie, Mpok ikhlas, Mpok redo, ude dong jangan menangis. Kita mau bilang apa lagi, Arie, kita miskin. Orang miskin kagak punya hak ape-ape Arie, melengken nurutin kemauan orang".

"Pok, maapin Arie, biar bagaimana Arie sudah membuat keputusan. Ape bole lantaran kite miskin kite jual semua hak kite termasuk perasaan. Biar kite miskin, Pok, kite kudu jaga perasaan. Arie kagak kuat melihat hati Mpok luka. Biar bagaimana juga Mpok tentu luka melihat Arie kawin duluan, Pok. Hati Mpok bakalan keiris-iris lihat Arie di puade. Sebagai anak perempuan Betawi Mpok tabah, tapi sampe dimane Pok, sampe dimane Mpok bisa tahan ngeliat orkes hermunium rnaen ngehibur tamu-tamu yang dateng ke perkawinan Arie. Pok, Arie kagak lupa sarna Mpok. Mpok yang ajar Arie maen ci ci putri. Kalau Arie nangis lantaran lapar, Mpok hibur Arie sambil maen pong pong balong. Pok jangan korbanin perasaan Mpok, jangan Pok. Biar Mpok redo, Arie yang kagak redo".

Ariah meninggalkan kakaknya menuju pangkeng. Ia rebahkan dirinya di pangkeng sambi! menangis tersedu sedan.

Mak Emper menghampiri Ariah. Ia duduk di samping pangkeng sambil membelai rambut Ariah.

"Arie, denger kata Mak. Mak ude tua. Kalau Mak mati, ape jadinye semue".

"Mak, duduk yang lama di sini Mak. Kayaknya besok Arie kagak bakalan ngerasain lagi tangan Mak ngerabe rambut Arie".

"Arie ngomong ape sih, Arie kagak sayang sarna Mak ?"

"Ude deh, Mak" Ariah berkata lemah, lalu tertidur.

Seperti biasanya, pagi-pagi Ariah meninggalkan rumah untuk mencari kayu bakar, satur-sayuran, dan telur ayam hutan. tetapi tidak seperti biasanya, pagi hari itu sebelum meninggalkan rumah Ariah mencium tangan Mak dan kakaknya lama sekali, serta memandang wajah mereka tak putus-putusnya. Dan tanpa mengucapkan sesuatu perkataan ia berlalu dari emperan rumah.

Ariah berjalan menuju Ancol dengan langkah yang enteng. la melihat-lihat pekerja yang sedang membuat jalan kereta api. Langkah dilanjutkan menuju Utara. Setibanya di sebuah tempat yang bernama Bendungan Melayu, Ariah membuka timbelnya. la makan dengan lahap. Ariah duduk termangu sambi! merapihkan bekas makannya. Dari kejauhan ia mulai mendengar debur ombak. Hari telah sore.

Ariah bangkit melanjutkan perjalanannya. Bendungan Melayu ditinggalkan. la tiba di Ancol. Hari semakin gelap. Laut terhampar di hadapannya. la tak ingin kembali pulang, tapi juga tak tahu kemana lagi harus melangkah. Angan-angannya berlayar, tapi kemana.

"Hey, anak perawan daTi mane lu?"

Tiba-tiba dari sela-sela pokok kayu muncul dua sosok laki-laki berbaju hitam-hitam. Ariah terdiam.

"Ikut gua, lu".

Seorang yang tubuhnya kekar menggamit tangan Ariah.

"Saya mau dibawa kemana, Bang?"

Ariah berusaha mengelak.

"Ah diem, lu. Pendeknya lu bakal idup enak di Bintang Mas".

Yang seorang lagi berkata sambi! mengibas-ngibas goloknya.

"Kagak mau, kagak mau". Ariah meronta-ronta.

"Banyak omong lu, dasar orang miskin, mau dikasi senang lu kagak mau".

Tubuh Ariah dihempaskan ke tanah.

"Abisin aja, Bang, ni bocah". dan dua sabetan golok mengakhiri hidup Ariah.

Kedua laki-laki itu yang ternyata Pi'un dan Sura setelah membunuh Ariah menggotong jenasah Ariah ke pinggir laut, jenasah gadis malang itu dilemparkannya.

Pi'un dan Sura kaki tangan seorang pemuda kaya raya bemama Tambahsia. Tambahsia bertabiat buruk. Ia mernpunyai kesenangan mernperkosa
perempuan di villanya di Aneal yang bemama Bintang Mas. Tugas Pi'un dan Sura mencari perempuan untuk dimangsa majikannya. Akibat perbuatan
Tambahsia yang sernacam ini pada suatu hari membawa Tambahsia ke tiang gantungan. Mernang banyak sekali perernpuan yang menjadi korban
Tambahsia. Ia berurusan dengan polisi. Pengadilan di Kota rnenjatuhkan hukuman mati gantung kepada Tambahsia. Tambahsia menjalani hukuman gantung pada tahun 1872 dalam usia 29 tahun. Begitu juga Piun dan Sura harus menjalani hukurnan gantung kepala sarnpai mati. Ketiga penjahat itu
menjalani hukuman mati· di halarnan kantor rnahkamah di Kota.

Malam hari sepeninggalnya Ariah, Mak Emper dan kakak Ariah tidak tidur menunggu pulangnya Ariah. Hari demi hari, bulan demi bulan,tahun demi tahun mereka menunggu. Dan Ariah tak pernah kembali.

Pada suatu malam Mak Emper duduk bersedih memikirkan kakak Ariah yang dilamar orang. Meski biaya pesta perkawinan menjadi tanggungan keluarga calon suami, tetapi sebagai orang tua Mak Emper merasa berkewajiban untuk menyiapkan makanan menyambut calon besan dan calon menantunya yang akan datang ke rumahnya untuk mengajukan lamaran secara resmi. Lelah berpikir, Mak Emper tertidur.

"Mak, jangan sedih Mak, jangan pikirin makanan buat sedekahan Mpok."

Ariah hadir dalam mimpi ibunya.

" Arie, Arie"

Mak Emper memanggil-manggil anaknya.

"Iye Mak ini Arie, anak Mak. Mak jangan pikirin Arie. Idup Arie senang deh Mak. Tapi Arie ingat Mak, ingat Mpok. Makanya Arie datang, apalagi Mak lagi susah mikirin Mpok yang mau duduk nikah. Arie bakal bantu. Arie senang Mak, syukur deh Mpok nikah. Ude deh Mak, Arie pulang".

"Arie, Arie"

Mak Emper memanggil-manggil nama Ariah lagi.

"Mak, kok manggil-manggil Arie, bangun Mak ude beduk subu".

Kakak Ariah membangunkan Mak Emper.

"Mak ngimpiin Arie".

Kata Mak Emper kepada anaknya.

"Ngimpiin Arie, ape katenya Mak?"

Kakak Ariah bertanya. Mak Emper diam saja seraya berjalan menuju pintu ke luar rumah empernya.

"Astagfirullah al azim".

Mak Emper sangat terkejut melihat di depan rumahnya terdapat berpikul-pikul ikan laut serta sayur-mayur.

Begitulah kisah Ariah. Di jaman sekarang orang menyebut dia Maria, Mariah, atau Mariam. Boleh dikatakan tidak ada gadis Betawi jaman dulu bernama Maria, Mariah, atau Mariam. juga di jaman sekarang orang mengatakan Ariah menjadi setan Ancol, Ariah tidak menjadi setan. Ia adalah pejuang perempuan yang mempertahankan martabat dan harga dirinya. Ia gugur sebagai pejuang yang mempertahankan kehormatan dan harga diri perempuan.

Kematian Ariah memang akhirnya menjadi dongeng. Banyak orang Betawi pesisir yakin bahwa Ariah, yang diberi nama julukan si Manis, itu menjadi penguasa laut Utara. Dan banyak orang Betawi pesisir yang tidak menyebut nama aslinya, melainkan si Manis saja. Diyakini si Manis mempunyai pengawal yang gagah berani. Pengawal itu adalah makhluk dari alam lain. Mereka adalah si Kondor, yaitu siluman monyet, si Gempor, si Gagu, dan Tuan Item. Wallahu'alam. hanya Tuhan yang Maha Mengetahui.



Referensi : Dinas Kebudayaan dan Permuseuman, Cerita Rakyat Betawi, 2004

Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Situs Betawi